Cucak hijau adalah salah satu burung yang mudah jinak. Penandaan jantan dan betina di tandai dengan bulu yang berwarna hitam di bagian leher sampai bagian mata.

Cucak hijau di kenal sebagai burung yang amat cerdas, tetapi mempunyai kekurangan yaitu burung ini juga cepat sekali lupa apalagi jika sudah lama tidak mendengarkan suara-suara yang sudah masuk ke memorinya.
Burung ini sangat menggemari buah dan serangga sebagai makanannya.  Pisang, pepaya bahkan apel, pemelihara biasanya memberikan kepada burung cucak hijau ini.  Sebagai burung lomba, pemberian pakan serangga amat di gemari oleh pemelihara.  Biasanya agar burung cucak ijo lebih vit dan mempunyai tenaga yang lebih sewaktu dilombakan. Serangga yang di berikan seperti kroto (anakan semut rangrang) dan ulat baik ulat kandang maupun ulat hongkong.
Di pasar burung, burung ini sering kita jumpai.  Burung yang suka bersangkar di pepohonan yang tinggi ini biasanya di tangkap langsung dari alam.  Di datangkan dari Banyuwangi, Jember dan Trenggalek.  Tak heran, populasi di alam sudah bisa dikatakan hampir punah.  Terlebih di daerah-daerah lain, Burung cucak hijau di alam tidak pernah kita jumpai sekarang ini.

Sewaktu penulis membuka-buka salah satu forum penggemar burung di internet, ada yang sudah bisa menangkarkan burung yang berwarna dominan hijau ini.  Tetapi jumlahnya juga masih amat sedikit jika di bandingkan dengan penangkaran burung lain seperti burung murai batu dan burung-burung lainnya.  Ketersediaan jumlah burung cucak hijau bakalan di pasaran menjadi faktor penyebab keengganan sebagian besar penggemar burung cucak hijau. Dengan harga sekitar Rp. 400.000,-, pembeli bisa membawa pulang seekor bakalan cucak hijau dari pasar, seperti yang penulis pantau di Surabaya beberapa saat yang lalu.

Persiapan Cucak Hijau Untuk Lomba

Cucak hijau sudah menjadi salah satu kelas yang ramai oleh peserta di lomba-lomba burung berkicau.  Jika Anda mau membawa cucak hijau ke lomba ada beberapa hal yang harus di persiapkan.  Persiapan disini sebenarnya hampir sama dengan persiapan burung lain jika akan dilombakan.  Persiapan khusus harus di lakukan agar cucak hijau bisa tampil maksimal saat lomba.
-Sebelum Lomba
Disaat lomba, suasana yang ada disana pasti sangat gaduh, baik akan suara burung, orang-orang.  Apalagi  ramainya kendaraan bermotor di saat kita membawa burung.  Persiapan disini bertujuan agar cucak hijau kita tetap fit dan mentalnya tidak down saat di lomba.  Jika kita mampunyai cucak hijau dengan mental yang bagus hal tersebut tidak akan begitu menjadi masalah walaupun terkadang burung dengan mental baguspun juga bisa stres karena kondisi-kondisi tersebut,

Persiapan ini dilakukan paling tidak selama seminggu menjelang lomba di laksanakan.  Menjaga stamina dan daya tahan burung harus dilakukan dengan cara menjaga kualitas pakan dan kalau perlu pemberian vitamin bisa di berikan.  Pemberian pakan untuk cucak hijau adalah pakan alaminya buah-buahan  seperti pisang, pepaya dan lain sebagainya. Pemberian ekstra fooding atau tambahan seperti jangkrik dan kroto bisa di berikan jika memang cucak hijau suka karena terkadang ada juga cucak ijo yang tidak suka dengan salah satu pakan tersebut.

Pemberian ekstra fooding tersebut bisa di berikan setiap hari dengan porsi yang setiap cucak hijau satu dengan yang lain berbeda porsinya.  Seperti jangkrik, ada yang bisa maksimal jika di berikan 5 ekor atau bahkan 10 ekor. 

Kebutuhan mandi dan jemur dilakukan sebagaimana biasanya.  Tetapi ada juga cucak hijau yang mandinya hanya mau jika di dalam wadah minum dan tidak di sangkar keramba mandi.  Untuk cucak hijau seperti ini sebaiknya kita tidak memaksa cucak ijo kita agar mau mandi keramba mandi. Lebih baik kita yang menurutinya dimana cucak hijau kita mau mandi.  Bisa di keramba mandi atau di wadah minuman yang asalkan kita harus rajin menggantinya setiap hari agar air di dalamnya selalu bersih.

Setelah mandi, Penjemuranpun mutlak dilakukan agar stamina cucak hijau tetap terjaga. Disini ada juga penggemar yang menjemur hanya satu jam dan ada yang lebih. Setelah di jemur, cucak hijau bisa di angin-anginkan lalu kita krodong kembali.  Kerodong di pakai dengan tujuan agar cucak hijau bisa beristirahat dengan tota.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top