Ada banyak hal dari buku yang saya baca memberikan banyak informasi, motivasi atau bahkan mengingatkan saya kembali pada prinsip hidup yang karena waktu teleh terlupakan. baru baru ini saya membaca buku dengan judul “Success Secrets, surat kepada Mathew” karya Richard Webster.

Beberapa point penting saya garis bawahi, sebagai berikut:
• Kau mungkin bekerja dengan sangat keras, tapi tidak tampak seperti suatu pekerjaan karena itu adalah hasartmu, tujuanmu, alasan keberadaanmu disini.
• Kebanyakan orang mempunyai mimpi-mimpi dan kemudian bermimpi lebih lanjut, orang-orang yang merengkuh mimpi mereka dan menjadikannya nyata - merekalah orang-orang yang dapat mengubah dunia
• Ramahlah pada dirimu sendiri. Kita cenderung untuk bersikap lebih keras pada diri sendiri daripada terhadap orang lain. Santai dan teruslah meningkatkan penghargaan dirimu. Beberapa orang memaki diri selama bertahun-tahun untuk hal-hak sepele yang telah mereka lakukan atau yang tidak mereka lakukan . Biarkan semua itu berlalu, maafkan dirimu dan bergeraklah maju.
• Tentu saja hasrat tidak dapat berdiri sendiri, kau perlu keteguhan hati, kau perlu sesuatu untuk dicapai , sebuah tujuan. Itulah sebabnya kita perlu mimpi-mimpi.
• Kau perlu sesuatu yang besar dan berharga di depanmu, sesuatu untuk ditangkap dan dikejar. Tidak masalah jika kau tidak pernah mencapainya, sepanjang kau mencoba mencapai sesuatu yang tinggi dan bekerja tekun menuju keinginanmu. Nikmati saja perjalannya, karena perjalanan itu lebih penting daripada mencapai tujuan. Jika kau mengharapkan hal tinggi dan berusaha meraih sesuatu yang kau anggap berharga, kau tidak akan pernah menyesal ketika kau nantinya telah berbaring di ranjang kematianmu. Kau telah memberikan kemampuanmu yang terbaik.
• Sekarang adalah masa sulit. Ketika kau memikirkannya, keadaan memang selalu sulit. Akan tetapi, bagaimanapun sulitnya keadaan selalu ada kesempatan. pada saat inilah kau mempunyai kesempatan untuk menunjukknan keberanianmu. Masa sulit tidak berlangsung selamanya, hanya orang tangguh yang bertahan.
• Yang biasa kulakukan pada masa sulit adalah membuat 3 daftar, daftar 1 berisi hal-hal yang ingin kucapai, daftar 2 berisi  skenario kemungkinan terburuk dan daftar ketiga adalah kebalikannya.
• Aku telah katakan padamu untuk tidak berdiam diri dalam hal negatif. Aku berpikir bahwa kita selalu membuat segala sesuatu tampak lebih buruk dari sebenarnya. Kau mungkin berpikir bahwa ketika sesuatu tidak berjalan baik, hal itu benar-benar menghancurkan. Tetapi, ketika kau mencoba menuliskan kemungkinan terburuk, itu hanya hal kecil. Begitu kecil sebenarnya, sampai-sampai kau bertanya-tanya mengapa kau begitu khawatir tentang itu. Daftar yang positif berlaku sebagai pemberi motivasi. Kita semua ingin merasa baik, ingin diberi penghargaan, diperhatikan. Biasanya kau akan menemukan bahwa skenario terbaik menawarkan lebih banyak plus daripada minus di daftar yang lain. Itu membantumu menempatkan segala sesuatu dalam kerangka yang seharusnya
• Dengan sikap yang baik, tujuan yang layak, motivasi diri serta persistensi, tidak akan ada batasan untuk langkahmu.
• Orang-orang yang diatur oleh ego mempunyai penghargaan diri yang rendah. Tentu , mereka mungkin terlihat hebat, penting dan penuh kekuasaan. Tetapi sebenarnya, mereka kecil di dalam. Mereka membutuhkan penghargaan dan persetujuan dari orang-orang disekitarnya tanpa itu, mereka jatuh dan gagal.
• Aturan emas: lakukan pada orang lain apa yang kau ingin mereka lakukan terhadapmu
• Sukseslah di jalanmu sendiri, jangan pernah mencoba untuk hidup dalam harapan-harapan atau mimpi-mimpi orang lain. Kau tidak dapat menemukan kedamaian pikiran atau kebahagiaan dengan cara seperti itu. Jangan melakukan sesuatu semata-mata untuk mendapat persetujuan orang lain. Jujurlah pada dirimu sendiri.
• Berpikirlah positif. Setiap pagi, ketika kau bangun dari tempat tidurmu, kau mempunyai kemampuan untuk membuat hari ini menjadi hari yang baik atau hari buruk hanya dengan memilih pikiranmu. Pilihlah pikiran positif, maka setiap hari akan menjadi  hari yang baik. Tentu, satu hari akan lebih baik dari yang lain. Tetapi kau dapat membuat setiap hari menjadi hari yang baik. Tidak masalah apa yang akan terjadi pada kehidupanmu, kau dapat bahagia jika kau menginginkannya. (sriwijayanti)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top