Modal memang suatu hal yang penting dalam memulai bisnis, tapi modal juga bukan satu-satunya hal yang harus kita miliki. Ada beberapa bisnis yang membutuhkan modal dari kecil hingga besar, tapi ada juga bisnis tertentu yang tidak menggunakan modal sama sekali. Tentunya kesemuanya itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kita terkendala modal, maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Pertama mencari siapa saja yang kira-kira bisa kita pinjami modal atau mungkin bisa sistem bagi hasil. Kalau sistem pinjam, maka kita bisa secara langsung meminjam kepada saudara, atau bahkan teman dekat. Kalau sistem bagi hasil, maka yang harus kita lakukan adalah membuat bisnis plan terlebih dahulu dengan tujuan mempermudah kita dalam mendapatkan modal bisnis. Setelah bisnis plan jadi, maka berikan bisnis plan tersebut ke orang yang ingin kita ajak kerjasama.

Jika sudah memiliki sebagian dari modal, join dengan teman juga menjadi satu pilihan yang tepat. Mencari teman dengan visi dan misi yang sama akan mempermudah kita dalam menjalankan usaha kita bersama-sama.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan cara menyelesaikan masalah tanpa masalah atau melalui pegadaian. Disaat kita sudah yakin akan usaha kita, menggadaikan barang yang kita miliki bukanlah hal yang haram untuk bisa kita jalankan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top