Ilmu perpustakaan memang menjadi salah satu jurusan yang tidak banyak di buka oleh perguruan tinggi di Indonesia. Dari satu provinsi mungkin hanya beberapa yang membuka jurusan ini. Kalau Anda ingin memilih jurusan ini, bisa di bilang ini adalah jurusan yang bagus sekali. Kenapa? Karena di jurusan ini lah kita bisa bermanfaat untuk banyak orang. Membantu banyak orang untuk mendapatkan informasi yang di butuhkannya. Kita tahu, kita semua hidup di era informasi. Semua membutuhkan informasi agar bisa berkembang. Baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Kan sudah ada internet?

Apa pustakawan masih di butuhkan di era yang semakin maju dengan pesat seperti ini?
Ya, masih. Internet bukan satu-satunya sumber informasi. Masih ada sumber informasi yang lain seperti buku, jurnal penelitian dan lain sebagainya yang tidak bisa Anda dapatkan di Internet. Masih banyak literasi-literasi penting yang mempunyai hak cipta yang tidak di share secara cuma-cuma di Internet. Dan selain itu, tidak semua sumber informasi dari internet bisa dijadikan informasi. Apalagi, sekarang anak SD pun bisa menulis di Internet.

Salah satu universitas yang membuka jurusan ini adalah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Di UWKS, Ilmu Perpustakaan sudah di bilang berpengalaman karena berdirinya juga sudah lama. Di samping jurusan ilmu perpustakaannya sudah mendapatkan akreditasi baik, di kampus yang beralamat di jalan Dukuh Kupang Surabaya tersebut juga di dukung oleh dosen-dosen yang berpengalaman di bidang Ilmu Perpustakaan. Selama saya menempuh pendidikan di sana, fasilitas-fasilitas pendidikannya juga cukup baik dan nyaman untuk belajar.

Kegiatan-kegiatannya
yang cukup positif bagi pengembangan keilmuan Ilmu Perpustakaan adalah seperti Observasi ke beberapa Perpsutakaan. Disamping menjadi studi banding bagi mahasiswa, kegiatan ini menjadikan mahasiswa mengetahui perkembangan perpustakaan modern saat ini dari lingkup manajemen hingga penerapan teknologi informasi didalamnya. Informasi yang diperoleh inilah yang nantinya akan dikaji secara bersama guna mempersiapkan skill mereka didalam menggeluti dunia Perpustakaan nantinya. Dalam pembekalan ini, para peserta didampingi oleh beberapa dosen pendamping yang berpengalaman guna mengarahkan observasi mereka agar lebih terarah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top