Lomba pokdakan adalah seleksi yang dilakukan oleh DKP untuk menilai pokdakan yang paling baik untuk di pilih.  Di Jawa Timur yang di ikuti oleh berbagai pokdakan di Jawa Timur.  Tirta Kencana Agung adalah salah satu Pokdakan yang di pilih oleh DKP Tulungagung untuk mengikuti seleksi ini.


Seleksi yang di adakan kemarin tanggal 12 November 2013 ini adalah salah satu lomba pokdakan tingkat Provinsi.  Beragam penilaian yang di ukur mulai dari jenis ikan yang di pelihara, organisasinya dan masih banyak lagi yang lainnya.  Penilaian di mulai pukul 11 siang hingga pukul 3 sore waktu setempat.  Selain di lakukan di sekretariat, penilaian juga di lakukan di lapangan di kolam ikan mas koki para petani ikan berada.

Pokdakan sebenarnya adalah singkatan dari Kelompok Pembudiaya Ikan yang di dirikan oleh masyarakat.  Pokdakan terdiri dari anggota yang menjadikan ikan sebagai pekerjaannya.  Pembentukan pokdakan yang baik adalah yang di didirikan berdasarkan swakarsa para anggotanya.  Dan bukan karena di dukung oleh dinas atau pihak yang lain.  Kemandirian dan kebersamaan merupakan pondasi yang kokoh untuk berjalannya pokdakan yang baik.

Ada beragam pokdakan yang di bentuk masyarakat. Mulai dari UPR atau singkatan dari Usaha Pembenihan Rakyat ataupun berupa Kelompok Pembudidaya Ikan seperti ikan mas koki dan lain sebagainya.



1 komentar:

 
Top