Sampai saat ini masih banyak para ahli, praktisi maupun akademisi yang mendefinisikan marketing mix sebagai integrasi dari 4p, product, price, place dan promotion. Tetapi rupanya  Hermawan Kertajaya berpendapat lain. Beliau menyebutkan bahwa pendapat yang mengatakan bahwa marketing mix adalah 4P tidak sepenuhnya salah, namun masih ada beberapa elemen lain yang belum tercakup dalam 4p. Marketing mix baru sebatas elemen dari Taktik pemasaran. Sementara kalau kita berbucara tentang taktik pemasaran, ada elemen lain selain marketing mix, yaitu
deferensiasi dan selling. Belum lagi elemen-elemen pemasaran lain nya yang ada dalam Strategi dan Value pemasaran.

Mengutip dari apa yang dikatakan oleh Hermawan, marketing mix merupakan taktik dalam mengintegrasikan tawaran, logistik,  dan komunikasi produk/jasa Anda. Dengan marketing mix Anda tidak hanya perlu membuat penawaran yang menarik tapi juga harus memikirkan taktik yang tepat dalam mendistribusikan dan mengkomunikasikannya.Hal ini penting karena marketing mix merupakan aspek yang paling terlihat (tangible) dari sebuah perusahaan dalam aktivitas pemasaran.Jangan sampai Anda memiliki tawaran bagus, tetapi tidak bisa mengkomunikasikannya kepada pelanggan secara tepat. Jika Anda kurang bisa mempromosikannya, tawaran Anda menjadi tidak diminati pelanggan. Dan juga, sebagus apapun cara Anda mempromosikan tawara itu,kalau Anda tidak menguasai saluran distribusinya, pelanggan akan susah mengakses produk Anda. Jadi sebenarnya marketing mix bisa dikelompokkan lagi menjadi dua bagian, yaitu penawaran (offering) yang berupa product dan price, serta kases (access) yang berupa place dan promotion. (sriwijayanti)

Sumber: Kertajaya, Hermawan. 2007. Marketing Mix. Mizan Pustaka. Bandung

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top