Banyak orang mulai sadar bahwa marketing sering tersempitkan pengertiannya, terbatas pada marketing mix Jeromi McCarthy, yaitu product, price, place dan promotion. Begitu teerkenalnya 4p sehingga begitu berbicara marketing yang mereka ingat ya 4p itu. Memang tidak sepenuhnya salah. Namun marketing bukan hanya marketing mix, mengapa? karena dengan menerapkan strategi 4p, Anda memang sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan, seperti yang sering dikatakan oleh Hermawan Kertajaya bahwa memang kesuksesan sebuah perusahaan bergantung pada kemampuan memenuhi need, want, dan expectation pelanggannya. Tapi selain berkonsentrasi pasa pelanggan, Anda juga harus memperhatikan pesaing, termasuk 4p, akan langsung maupun tidak langsung mempengaruhi posisi perusahaan di pasar. Oleh karena itu, Anda juga perlu melakukan diferensiasi dan  positioning.

Diferensiasi dilakukan supaya strategi 4p yang telah Anda terapkan bisa membuat produk Anda dipersepsi secara berbeda di benak calon pelanggan. Namun, melakukan diferensiasi saja belum cukup. Anda harus berupaya membangun positioning yang kuat, membangun persepsi yang bisa membedakan produk Anda dari produk pesaing di benak target pasar. Positionong bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melalui "gethuk tular"/ world of mouth. Jika sudah melakukan positionong, Anda harus ingat bahwa positioning adalah janji. Karena itu, positioning yang baik harus didukung oleh diferensiasi. Sebaliknya, suatu diferensiasi, meskipun hebat, jika tidak dikomunikasikan dengan efektif, tidak akan memberikan hasil sesuai harapan. (Sriwijayanti)

Sumber: Kertajaya, Hermawan. 2007. Marketing Mix. Mizan Pistaka. Bandung

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top