Burung ini merupakan burung yang sangat cerdas karena mampu menirukan beragam suara-suara baik burung maupun suara lain.  Jenis ini sudah lama masuk ke dalam kelas lomba burung berkicau dan tidak pernah sepi di setiap even karena peminat dari jenis ini juga relatif banyak hampir di setiap daerah.
Sumber Gambar: www.Kicaumania.org
Didalam bukunya, Anang Dewanto dan Maloedyn Sitanggang mengatakan bahwa nama lain cendet adalah  bentet, pentet, toet (Jawa Barat) dan burung ini merupakan burung petengger dan pemangsa yang agresif dari Famili Laniidae.  Famili Laiidae mencakup 74 spesies  yang di bagi dalam 4 subfamili.  Cendet yang umum termasuk dalam subfamili Laniinae dan Genus Lanius.
Jenis Cendet sendiri ada banyak macam dan tersebar di beberapa wilayah dunia.  Salah satunya adalah cendet abu-abu besar (L. excubitor).  Spesies ini memiliki ukuran tubuh terbesar dengan panjang sampai 25cm. Cendet abu-abu besar berkembang biak di Eropa, Asia dan Amerika Utara.  Lalu ada juga cendet hitam putih (L. ludovicianus), yang burung ini merupakan spesies yang biasa tinggal di dunia baru (Amerika).  Selain itu ada jenis lain yaitu cendet abu-abu kecil (L.minor) yang memiliki habitat di Eropa Selatan, Asia Tengah serta Afrika bagian timur.  Selain itu, ada cendet kepala merah (L. Senator) yang tinggal di Inggris bagian selatan, Eropa, Asia dan Afrika.  Ada pula jenis burung bentet yang memiliki bentuk serupa yang terdapat di India dan Asia Tenggara, yakni cendet cokelat (L.christatus) yang banyak di lombakan di Indonesia dan cendet leher hitam (L.collarris) (Anang Dewanto dan Maloedyn Sitanggang, 2009)

Video Burung Cendet:


Untuk memilih burung cendet bisa di pilih yang mempunyai volume keras dan kristal. Biasanya bentuk paruhnya lurus panjang dan tipis. Diusahakan memilih yang mempunyai kicauan dengan speed atau irama yang rapat dan bagus. Untuk body, bisa di pilih yang ramping dan jika berkicau berdiri mendongak keatas karena akan mempunyai performa yang bagus nantinya di lapangan. Burung cendet yang bagus adalah burung yang berkicaunya mampu secara terus menerus tanpa henti atau ngetem. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top